Karena semakin banyak bisnis yang terkena dampak pembatasan perjalanan atau mendorong karyawan mereka untuk bekerja dari rumah sebagai tanggapan terhadap penyebaran virus corona atau COVID-19, Google mengambi bagian untuk membantu mereka tetap terhubung dan produktif dengan G Suite.

Google mulai meluncurkan akses gratis ke Hangouts Meet, kemampuan video-conference canggih untuk semua pelanggan G Suite, termasuk:

  • Rapat yang lebih besar hingga 250 peserta per panggilan
  • Streaming langsung hingga 100 ribu penonton dalam domain
  • Rekam rapat ke Google Drive

Fitur-fitur ini biasanya hanya tersedia di edisi Enterprise dan Enterprise for Education G Suite dan akan tersedia untuk semua pelanggan hingga 1 Juli 2020. Pelanggan yang memiliki edisi G Suite Basic atau Bisnis, akan segera dapat mengakses kemampuan Hangouts Meet canggih untuk domain mereka, gratis, hingga 1 Juli 2020. Fitur Advanced Meet mencakup kemampuan untuk menyelenggarakan pertemuan yang lebih besar dengan hingga 250 peserta per panggilan, streaming langsung rapat untuk hingga 100rb pemirsa di dalam domain Anda, dan kemampuan untuk merekam rapat * ke Drive. Setelah 1 Juli, domain ini akan kembali ke fungsionalitas edisi Dasar atau Bisnis untuk Hangouts Meet.

Cara mengaktifkannya
Karena fitur-fitur ini diatur ke OFF secara default, fitur Meet yang canggih harus diaktifkan melalui Konsol admin.

  1. Dari halaman Beranda Konsol admin, buka Apps > G Suite > Settings for Google Hangouts
  2. Klik Meet Settings
  3. Periksa ikon edit di sebelah kanan kotak “Additional Services”
  4. Scroll ke bawah dan centang kotak yang mengatakan “Let users place video and voice calls.”
  5. Di layar yang sama, aktifkan pengaturan advanced settings untuk live streaming and meeting recording.
  6. Klik Save.

Untuk membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari penggunaan video conference ini, silakan pelajari tautan berikut:

* Catatan: Rekaman Hangouts Meet disimpan di Drive dan mengurangi kuota Drive Anda. Informasi diatas berdasarkan infromasi resmi dari G Suite.