Google Classroom selama ini biasanya lebih dikenal sebagai alat yang digunakan sekolah atau kampus, ketimbang sebagai sarana pelatihan perusahaan yang efektif dan tentunya dengan biaya efisien. Bagi sekolah atau kampus, Classroom berguna untuk mentransformasikan cara belajar mengajar dari yang tradisional ke yang lebih modern dan paperless. Dengan Classroom, proses yang ada di sekolah dapat dilakukan di sini, seperti Pekerjaan rumah, berbagi materi, komunikasi dalam kelas, dan juga sampai ke penilaian.

Yang belum banyak orang menyadari bahwa ternyata Classroom ini juga tersedia di semua paket G Suite, baik itu Basic, Business, maupun Enterprise. Bagi perusahaan atau organisasi dapat memanfaatkan fasilitas Classroom ini sebagai sarana untuk pelatihan, pengembangan SDM, onboarding, asessment, task force dan lainnya.

Anda dapat membuat kelas-kelas training sesuai kebutuhan. Anda dapat mengundang siapa saja yang dikehendaki utuk mengikuti training tersebut. Untuk memulai membuat kelas sangat mudah. Silakan ikuti langkah singkat beikut ini:

  1. Jika sudah dalam posisi login G Suite, Anda dapat ke Classroom dengan klik tanda  di samping profile anda di pojok kanan atas layar, dan scroll ke bawah hingga muncul aplikasi Classroom

    lalu lanjutkan ke point 4.Atau kunjungi classroom.google.com jika anda belum terhubung/login dengan akun G Suite Anda, lalu akan muncul layar berikut:
  2. Pilih Go to Classroom
  3. Silakan login dengan account G Suite Anda
  4.  Silakan pilih tanda plus “+” Untuk mulai membuat kelas
  5. Mulai masukkan informasi kelas dan ikuti instruksi lainnya.
  6. Selanjutnya informasi lengkap tentang proses Classroom ada di tautan ini.

Sehingga harapnnya dengan aplikasi Google Classroom ini dapat membuat perusahaan dan organisasi Anda lebih efisien dalam memacu peningkatan kualitas SDM, menghemat proses kerja dan tentunya berkontribusi untuk tujuan kemajuan perusahaan/organisasi Anda.